jorgiaryfa Hi Namaku Jorgi Aryfa,Penulis Androtechno.My.id.Aku Seorang Mahasiswa S1 Teknik Komputer Yang Sedang Disibukkan Dengan Banyak Tugas Kuliah Dan Mengisi Waktu Luang Untuk Menulis Artikel Di Blog.

5 Perbedaan SSD dan HDD Yang Wajib Kamu Ketahui

6 min read

Perbedaan SSD dan HDD,Perbedaan HDD dan SSD,Perbedaan hdd dengan ssd,perbedaan harddisk dan ssd,apa perbedaan hdd dengan ssd

Perbedaan SSD dan HDD- Jika Anda membeli laptop ultraportable  kapan saja dalam beberapa tahun terakhir, Anda sangat mungkin mendapat solid-state drive (SSD) sebagai drive boot utama. Laptop gaming bulkier  telah pindah ke SSD boot drive, juga, sementara hanya subset dari mesin anggaran masih mendukung hard disk drive (HDD). Boot drive di PC desktop prebuilt, sementara itu, sebagian besar SSD sekarang, juga, kecuali dalam model termurah. Dalam beberapa kasus, desktop dilengkapi dengan keduanya, dengan SSD sebagai boot drive dan HDD sebagai suplemen penyimpanan berkapasitas lebih besar.

Jika Anda harus memilih hanya satu,meskipun, bagaimana Anda memilih? Mari kita masuk ke dalam perbedaan antara SSD dan HDD,dan memandu Anda melalui keuntungan dan kerugian dari masing-masing untuk membantu Anda memutuskan.

Penjelasan SSD dAN Hardisk

Hard drive berputar tradisional adalah penyimpanan non-volatile dasar pada komputer. Artinya, informasi di dalamnya tidak “hilang” ketika Anda mematikan sistem, tidak seperti data yang disimpan dalam RAM. Hard drive pada dasarnya adalah piring logam dengan lapisan magnetik yang menyimpan data Anda, apakah laporan cuaca dari abad terakhir, salinan definisi tinggi dari trilogi Star Wars  asli, atau koleksi musik digital Anda. Kepala baca/tulis di lengan mengakses data saat piring berputar.

SSD melakukan fungsi dasar yang sama dengan hard drive, tetapi data malah disimpan pada chip memori flash yang saling terhubung yang menyimpan data bahkan ketika tidak ada daya yang mengalir melaluinya. Chip flash ini (sering dijuluki “NAND”) memiliki jenis yang berbeda dari jenis yang digunakan dalam thumb drive USB, dan biasanya lebih cepat dan lebih andal. SSDs akibatnya lebih mahal daripada USB thumb drive dengan kapasitas yang sama.

Seperti thumb drive, meskipun, SSDs sering jauh lebih kecil daripada HDD dan karena itu menawarkan produsen lebih fleksibilitas dalam merancang PC. Meskipun mereka dapat menggantikan ruang hard drive tradisional 2,5 inci atau 3,5 inci, mereka juga dapat diinstal di slot ekspansi PCI Express atau bahkan dipasang langsung pada motherboard, konfigurasi yang sekarang umum di laptop high-end dan all-in-ones. (SSD yang dipasang di papan ini menggunakan faktor bentuk yang dikenal sebagai M.2.

Perbedaan SSD dan HDD,perbedaan ssd dengan hdd,perbedaan ssd dengan hdd,perbedaan hdd dengan ssd,hdd dan ssd

Catatan: Kami akan berbicara terutama tentang drive internal dalam cerita ini, tetapi hampir semuanya berlaku untuk drive eksternal juga. Hard disk eksternal hadir dalam faktor bentuk desktop besar dan portabel yang ringkas, dan SSD secara bertahap menjadi bagian yang lebih besar dari pasar penggerak eksternal.

Sejarah HDD dan SSD

Teknologi hard drive relatif kuno (dalam hal sejarah komputer, anyway). Ada foto-foto photos   terkenal dari HARD DRIVE IBM 650 RAMAC  dari tahun 1956 yang menggunakan 50 piring selebar 24 inci untuk menahan ruang penyimpanan 3,75 MB. Ini, tentu saja, adalah ukuran file MP3 128Kbps rata-rata hari ini, disimpan di ruang fisik yang bisa menampung dua lemari es komersial. RAMAC 350 terbatas pada penggunaan pemerintah dan industri, dan sudah usang pada tahun 1969. Seberapa jauh kita telah datang!

Faktor bentuk hard drive PC distandarisasi pada 5,25 i33nci pada awal 1980-an, dengan hard drive kelas desktop 3,5 inci yang sekarang dikenal dan drive kelas notebook 2,5 inci segera hadir setelahnya. Antarmuka kabel internal telah berubah selama bertahun-tahun dari serial ke IDE (sekarang sering disebut Parallel ATA, atau PATA) ke SCSI ke Serial ATA (SATA). Tetapi masing-masing pada dasarnya melakukan hal yang sama: hubungkan hard drive ke motherboard PC sehingga data Anda dapat diantar ke sana kemari.

Hard disk 2,5 dan 3,5 inci saat ini terutama menggunakan antarmuka SATA (setidaknya di sebagian besar PC dan Mac), meskipun banyak SSD internal berkecepatan tinggi sekarang menggunakan antarmuka PCI Express yang lebih  cepat. Kapasitas telah tumbuh dari beberapa megabyte menjadi beberapa terabyte, peningkatan lebih dari satu juta kali lipat. Hard disk 3,5 inci saat ini kini tersedia dalam kapasitas melebihi 10 TB.

SSD memiliki sejarah yang jauh lebih pendek, meskipun akarnya mencapai beberapa dekade ke masa lalu. Teknologi seperti memori gelembung  berkedip (pun intended) dan mati pada tahun 1970-an dan 1980-an. Memori flash saat ini adalah ekstensi logis dari ide yang sama, karena tidak memerlukan daya konstan untuk mempertahankan data yang Anda simpan di atasnya. Drive utama pertama yang kita kenal sebagai SSDs mulai muncul selama munculnya netbook pada akhir 2000-an. Pada tahun 2007,  OLPC XO-1  menggunakan SSD 1GB, dan seri Asus Eee PC 700 menggunakan SSD 2GB sebagai penyimpanan utama. Chip SSD pada laptop ini secara permanen di solder ke motherboard.

Perbedaan SSD dan HDD,perbedaan ssd dengan hdd,perbedaan ssd dengan hdd,perbedaan hdd dengan ssd,hdd dan ssd

Ketika netbook dan laptop ultraportable lainnya menjadi lebih mampu, kapasitas SSD meningkat dan akhirnya distandarisasi pada faktor bentuk notebook 2,5 inci. Dengan cara ini, Anda bisa pop 2,5 inci hard drive dari laptop atau desktop dan menggantinya dengan mudah dengan SSD, dan produsen bisa merancang sekitar hanya satu jenis drive bay.

Pada waktunya, faktor bentuk SSD lain yang lebih kompak muncul, seperti kartu SSD PCIe Mini mSATA dan format SSD M.2 yang disebutkan di atas (dalam varian SATA dan PCI Express). M.2 telah berkembang pesat melalui dunia SSD laptop, dan saat ini SSD yang masih menggunakan faktor bentuk 2,5 inci sebagian besar dimaksudkan untuk meningkatkan PC desktop dan laptop yang lebih tua. SSD dalam ukuran 2,5 inci yang dirancang untuk PC konsumen saat ini berada di posisi teratas dengan 8 TB

Artikel Lainnya Cara Reset Pengaturan Jaringan Di Windows 10 Dengan Mudah.

Perbedaan SSD dan HDD

SSD dan HDD memiliki keunggulan masing masing.dan berikut adalah perbedannya

Hard drive masih ada dalam anggaran dan sistem yang lebih lama, tetapi SSDs sekarang menjadi aturan dalam sistem mainstream dan laptop high-end seperti Apple MacBook Pro, yang tidak menawarkan hard drive bahkan sebagai opsi yang dapat dikonfigurasi. Desktop dan laptop yang lebih murah, di sisi lain, akan terus menawarkan HDD, setidaknya untuk beberapa tahun ke depan.

Yang mengatakan, baik SSD dan hard drive melakukan pekerjaan yang sama: Mereka boot sistem Anda, dan menyimpan aplikasi dan file pribadi Anda. Tetapi setiap jenis penyimpanan memiliki ciri-ciri uniknya sendiri. Bagaimana mereka berbeda, dan mengapa Anda ingin mendapatkan satu di atas yang lain?

1.Harga SSD vs. HDD

SSD lebih mahal daripada hard drive dalam hal dolar per gigabyte. Sebuah 1TB internal 2,5-inch hard drive biaya antara $ 40 dan $ 60, tetapi pada tulisan ini, SSDs sangat termurah dari kapasitas yang sama dan faktor bentuk mulai dari sekitar $ 100. Itu diterjemahkan menjadi 4 hingga 6 sen per gigabyte untuk hard drive versus 10 sen per gigabyte untuk SSD. Perbedaannya lebih drastis jika Anda melihat hard disk 3,5 inci berkapasitas tinggi. Misalnya, hard drive 3,5 inci 12 TB yang dijual dengan harga sekitar $ 300 hingga $ 350 dapat mendorong biaya per gigabyte di bawah 3 sen.

Perbedaan SSD dan HDD,perbedaan ssd dengan hdd,perbedaan ssd dengan hdd,perbedaan hdd dengan ssd,hdd dan ssd

Karena hard drive menggunakan teknologi yang lebih tua dan lebih mapan, mereka kemungkinan akan tetap lebih murah untuk masa depan yang akan datang. Meskipun kesenjangan harga per pertunjukan ditutup antara hard drive dan SSD low-end, uang ekstra untuk SSD dapat mendorong harga sistem Anda lebih dari anggaran.

2.SSD vs. Kapasitas Maksimum dan Umum HDD

SSD konsumen jarang ditemukan dalam kapasitas yang lebih besar dari 2 TB, dan itu mahal. Anda lebih mungkin menemukan unit 500 GB hingga 1 TB sebagai drive utama dalam sistem. Meskipun 500GB dianggap sebagai kapasitas hard disk “dasar” untuk laptop premium saat ini, kekhawatiran harga dapat mendorongnya ke 128GB atau 256GB untuk sistem berbasis SSD dengan harga lebih rendah.

Pengguna dengan koleksi media besar atau yang bekerja dalam pembuatan konten akan membutuhkan lebih banyak lagi, dengan hard disk 1 TB hingga 8 TB tersedia dalam sistem kelas atas. Pada dasarnya, semakin banyak kapasitas penyimpanan, semakin banyak hal yang dapat Anda simpan di PC Anda. Penyimpanan berbasis cloud mungkin baik untuk file perumahan yang Anda rencanakan untuk dibagikan di antara ponsel cerdas,  tablet,dan PC Anda, tetapi penyimpanan lokal lebih murah, dan Anda harus membelinya hanya sekali, bukan berlangganan.

Artikel Lainnya 5 Cara Screenshot Di Macbook Dengan Mudah

Perbedaan SSD dan HDD,perbedaan ssd dengan hdd,perbedaan ssd dengan hdd,perbedaan hdd dengan ssd,hdd dan ssd
3.SSD vs. Kecepatan HDD

Di sinilah SSDs bersinar. PC yang dilengkapi SSD akan boot dalam waktu kurang dari satu menit, sering kali hanya dalam hitungan detik. Hard drive membutuhkan waktu untuk mempercepat spesifikasi operasi, dan akan terus lebih lambat daripada SSD selama penggunaan normal. PC atau Mac dengan ssd boot lebih cepat, meluncurkan dan menjalankan aplikasi lebih cepat, dan mentransfer file lebih cepat. Apakah Anda menggunakan komputer Untuk bersenang-senang, sekolah, atau bisnis, kecepatan ekstra mungkin perbedaan antara menyelesaikan tepat waktu dan terlambat.

Perbedaan SSD dan HDD,perbedaan ssd dengan hdd,perbedaan ssd dengan hdd,perbedaan hdd dengan ssd,hdd dan ssd

Masalah sekunder untuk ini: fragmentasi. Karena permukaan rekaman putar mereka, hard drive bekerja paling baik dengan file yang lebih besar yang diletakkan di blok bersebelahan. Dengan begitu, kepala penggerak dapat memulai dan mengakhiri pembacaannya dalam satu gerakan beruntun. Ketika hard drive mulai mengisi, bit file besar akhirnya tersebar di sekitar piring disk, menyebabkan drive menderita dari apa yang disebut “fragmentasi.” Sementara algoritma baca/tulis telah meningkat ke titik bahwa efek diminimalkan, hard drive masih dapat menjadi terfragmentasi ke titik mempengaruhi kinerja. SSDs tidak dapat, bagaimanapun, karena kurangnya kepala baca fisik berarti data dapat disimpan di mana saja tanpa penalti. Hal ini berkontribusi pada sifat SSDs yang secara inheren lebih cepat.

Artikel Lainnya Cara Reset Windows 10 Yang Eror Dengan Mudah

4. KEANDALAN dan Ketahanan SSD vs. HDD

SSD tidak memiliki bagian yang bergerak, sehingga lebih mungkin untuk menjaga data Anda tetap aman jika Anda menjatuhkan tas laptop Anda atau sistem Anda terguncang saat beroperasi. Kebanyakan hard drive memarkir kepala baca / tulis mereka ketika sistem mati, tetapi ketika mereka bekerja, kepala terbang di atas piring drive pada jarak beberapa nanometer. Selain itu, bahkan rem parkir memiliki batas. Jika Anda kasar pada peralatan Anda, SSD dianjurkan.

Karena hard drive mengandalkan piring berputar, ada batas seberapa kecil mereka dapat diproduksi. Bertahun-tahun yang lalu, ada inisiatif untuk membuat hard disk berputar 1,8 inci yang lebih kecil, tetapi itu terhenti sekitar 320GB, dan produsen smartphone hanya menggunakan memori flash untuk penyimpanan utama mereka.

SSD tidak memiliki batasan seperti itu, sehingga mereka dapat terus menyusut seiring berjalannya waktu. SSD tersedia dalam ukuran 2,5 inci laptop-drive, tapi itu hanya untuk kenyamanan dalam pas dalam ruang drive didirikan. Mereka semakin bergerak, meskipun, untuk faktor bentuk M.2 dibahas di atas, dan drive ini datang dalam 42mm, 60mm, 80mm, dan 120mm panjang.

Artikel Lainnya Cara Menonaktifkan Pembaruan Otomatis Google Chrome Di Windows 10 

5. SSD vs. Hdd Power, dan Umur

Bahkan hard drive paling tenang akan memancarkan sedikit kebisingan saat digunakan. (Piring drive berputar dan lengan baca berdetak bolak-balik.) Hard disk yang lebih cepat akan cenderung membuat lebih banyak kebisingan daripada yang lebih lambat. SSD tidak membuat kebisingan sama sekali; mereka non-mekanis.

Plus, SSD tidak perlu mengeluarkan listrik berputar piring dari terhenti. Akibatnya, tidak ada energi yang dikonsumsi oleh SSD yang terbuang sebagai gesekan atau kebisingan, membuatnya lebih efisien. Pada desktop atau di server, yang akan menyebabkan tagihan energi yang lebih rendah. Pada laptop atau tablet, Anda akan dapat mengeluarkan lebih banyak menit (atau jam) masa pakai baterai.

Lalu ada masalah umur panjang. Meskipun benar bahwa SSD aus dari waktu ke waktu (setiap sel di bank memori flash dapat ditulis dan dihapus dalam jumlah terbatas kali, diukur oleh pembuat SSD sebagai peringkat “terabyte tertulis” atau TBW), berkat teknologi perintah TRIM yang secara dinamis mengoptimalkan siklus baca / tulis ini, Anda lebih mungkin membuang sistem untuk usang sebelum Anda mulai mengalami kesalahan baca / tulis dengan SSD.

Jika Anda benar-benar khawatir, beberapa alat dapat memberi tahu Anda jika Anda mendekati akhir hidup drive yang dinilai. Akhirnya, hard drive akan aus dari penggunaan konstan, juga, karena mereka menggunakan metode perekaman fisik. Umur panjang adalah mencuci ketika dipisahkan dari perjalanan dan kekasaran keprihatinan.

Kesimpulannya

Kesimpulan Dari artikel ini adalah bahwa setiap produk termasuk hdd dan ssd memiliki keunggulan dan kerugian masing-masing.semua tergantung dari kalian memilih produk mana yang akan kamu gunakan dan bisa membantu kamu.

Mungkin Itu saja artikel yang bisa Androtechno bantu tentang Perbedaan SSD dan HDD Yang Wajib Kamu Ketahui .semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa koment dan share ya!!!

jorgiaryfa Hi Namaku Jorgi Aryfa,Penulis Androtechno.My.id.Aku Seorang Mahasiswa S1 Teknik Komputer Yang Sedang Disibukkan Dengan Banyak Tugas Kuliah Dan Mengisi Waktu Luang Untuk Menulis Artikel Di Blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *